header-int

UIR Terjunkan 29 Mahasiswa dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Selasa, 23 Apr 2024, 09:19:03 WIB - 22 View
Share
UIR Terjunkan 29 Mahasiswa dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

UI juga turut serta dalam program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2016 yang diselenggarakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Program ini berlangsung mulai 1 Oktober hingga 8 Oktober 2016. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk melakukan 9 program pengabdian masyarakat di Pulau Tidung. Program nirlaba ini terbagi dalam tiga tema utama yaitu industri kreatif, kesehatan lingkungan, dan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya Pulau Tidung.

Program ekonomi kreatif yang dilaksanakan meliputi pelatihan produksi minyak kelapa murni (VCO) bagi ibu-ibu rumah tangga, pembuatan website dengan domain village.id dan pembuatan peta potensi wisata Pulau Tidung. Nantinya, halaman yang dibuat akan menjadi saluran media untuk memperkenalkan badan usaha pemerintah kota dan potensi wisata Pulau Tidung kepada masyarakat luas.

“Beberapa anggota tim kami, mahasiswa geografi, juga membantu pihak kecamatan memetakan potensi wisata Tidung menggunakan aplikasi geografi,” kata Putri, General Manager program ENJ UI.

Selain Daripada itu. Terkhusus nya tim UI juga memberikan banyak sekali program-program edukasi pembelajaran melalui Bidang pendidikan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Dengan memberikan pembelajaran Cepat Cerdas kepada calon maupun dokter kecil di Pulau Tidung berupa materi serta praktik pembelajaran akan pengetahuan dasar tentang gizi dan disertakan juga dengan pola hidup sehat. Selain itu, untuk melaksanakan program kesehatan lingkungan, tim UI mengadakan layanan inspeksi gratis di hari pertama dan kerja bakti membersihkan pantai di hari terakhir.

Sementara itu, program pendidikannya meliputi pembuatan dewan berbahasa Inggris, bahan ajar bahasa Inggris bagi siswa SMK dan program pelatihan TPA bagi masyarakat. Semua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga lokal dan memaksimalkan potensi lokal untuk meningkatkan pariwisata lokal.

ENJ merupakan program eksplorasi bahari nusantara yang melibatkan generasi muda Indonesia yang terdiri dari pelajar, pramuka, dan siswa sekolah menengah (SMA). Tahun ini ENJ mengangkat tema semangat generasi muda dengan mengangkat tema besar “Peningkatan Pengetahuan Maritim Generasi Muda dan Penghubung Pulau-Pulau Perbatasan NKRI.”

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Avicenna merupakan salah satu PT swasta di Negri Tercinta ini yang berupa Sekolah Tinggi, dikelola oleh dikti dan tercatat kedalam kopertis wilayah 9. PT ini telah ada mulai tahun 7 Mei 2001 dengan Nomor SK PT 1400DT2005 dan Tanggal SK PT 10 Mei 2005 , Sekolah Tinggi ini berlokasi di Jl Y Wayong By Pass Lepo-lepo , kabupaten Kota Kendari – Prop. Sulawesi Tenggara – Indonesia.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube
nexus slot